"SELAMAT DATANG DI TOKO BUNGA JAKARTA ONLINE 24 JAM"

Membuka Usaha Toko Bunga Peluang Yang Menjanjikan

Rangkaian Bunga
Rangkaian Bunga


Perkembangan bisnis toko bunga atau bisnis rangkaian bunga di setiap tahun semakin menjanjikan, dengan dilihatnya banyak bermunculan toko bungatoko bunga baru yang hampir kita temukan setiap bulannya menjadikan bisnis ini menggiurkan dan menjanjikan sebagai peluang usaha yang bisa meningkatkan perekonomian berbagai kalangan.

Banyak kita temukan pengusaha florist yang pertamanya menjadikan bisnis ini sebagai sampingan dan akhirnya menjadikan usaha ini sebagai sumber penghasilan utama dan meninggalkan perkerjaan sebelumnya baik itu berkerja di bidang swasta atau si pemerintahan.

Dengan berkembang pesatnya usaha toko bunga ini dikarenakan tingginya permintaan yang dulunya hanya di monopoli oleh kota - kota besar, sekarang udah merambah ke kota kecil bahkan kawasan perdesaan, bisa kita lihat dari banyaknya berjejer rangkaian bunga atau bunga papan yang kita lihat di setiap acara peresmian, pembukaan serta perkawinan dan duka cita.

Sebelum kita masuk mengulas tentang bisnis toko bunga ada baiknya kita mengetahui sejarah yang menopang bisnis ini berkembang adalah sejarah merangkai bunga yang menjadi awal bisnis ini berkembang.

Sejarah Merangkai Bunga

Bentuk awal merangkai bunga dimulai dengan orang Mesir kuno dan tanggal kembali sejauh 2.500 B.C. Ini diilustrasikan dengan ukiran batu pahatan yang tertinggal serta dekorasi dinding dicat.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa Mesir kuno ditempatkan bunga dalam vas. Selain itu, rangkaian bunga adalah komponen penting dari budaya mereka, dan sangat bergaya pengaturan digunakan selama penguburan, prosesi, dan hanya sebagai dekorasi meja juga.

Bunga-bunga yang digunakan untuk pengaturan yang dibuat oleh Mesir kuno dengan hati-hati dipilih sesuai arti simbolis, dengan penekanan ditempatkan pada makna religius. Bunga teratai atau lily air, misalnya, dianggap suci untuk Isis Dewi, dan karenanya, sering termasuk dalam rangkaian bunga. Lain bunga yang populer selama zaman Mesir kuno termasuk Papirus tanaman dan pohon kelapa.

Melanjutkan melalui sejarah kita mendatangi orang Yunani dan Roma yang juga memiliki gairah untuk bunga, meskipun mereka tidak sering menggunakan vas atau pot. Sebaliknya, mereka lebih berkonsentrasi pada membuat karangan bunga dan karangan bunga. Mereka juga menikmati melemparkan kelopak ke lantai dan ke tempat tidur. Seperti Mesir, Yunani dan Romawi punya preferensi mereka ketika datang ke bunga-bunga dan dedaunan mereka digunakan.

Dedaunan yang paling populer digunakan oleh orang Yunani dan Roma itu biji-bijian, daun-daun oak, laurel, ivy, Teluk dan peterseli. Bunga-bunga yang disukai termasuk mawar, hyacinth, honeysuckle, Violet dan bunga bakung. Bunga lainnya seperti bunga tulip, larkspur dan Marigold juga dipilih untuk mereka bentuk, warna dan bentuk.

Orang Mesir itu tidak satu-satunya orang yang terlibat dalam merangkai bunga selama zaman kuno. Sejarah mengatakan bahwa Cina membuat rangkaian bunga sejauh 207 SM untuk 220 m, yang merupakan era Han Cina kuno. Selama periode ini, bunga adalah komponen penting dari agama serta obat. Pada kenyataannya, Cina kuno diklasifikasikan dan menggambarkan berbagai ramuan, berdasarkan menggunakan obat mereka dan bunga pada gilirannya menjadi bagian penting dari upacara keagamaan.

Pengikut Buddha, Tao dan Konghucu berpikir semua rutin ditempatkan bunga potong pada mezbah-mezbah mereka. Praktek ini tanggal kembali ke setidaknya 618-906 m Selain menempatkan bunga potong dalam air di Pura-Pura mereka, Cina kuno menunjukkan cinta mereka dan apresiasi kepada bunga di dalam cara lain juga. Ini termasuk membuat lukisan, ukiran dan item bordir dengan penggambaran bunga.

Karena ajaran Buddha tidak mengizinkan ryori bentuk apapun, agama praktisi bekerja secara hati-hati ketika mengambil stek dari tanaman. Selain itu, bunga dan daun yang digunakan untuk membuat keranjang pengaturan dengan hati-hati dipilih berdasarkan makna simbolis. Sebagai contoh, bambu, pohon persik dan pohon pir yang digunakan untuk melambangkan akan pentingnya hidup kehidupan yang panjang. Bunga lainnya, seperti tiger lily, buah delima dan Anggrek, melambangkan kesuburan. Yang paling dihormati dari semua bunga, namun, adalah peony. Bunga ini, yang disebut sebagai dikenal sebagai "raja bunga," melambangkan kekayaan, keberuntungan, dan posisi tinggi.

Selama periode dari 500 sampai 1453 AD, Kekaisaran Bizantium membuat kontribusinya terhadap rangkaian bunga. Pengaturan yang dibuat oleh budaya mereka biasanya termasuk desain bentuk kerucut. Dedaunan berbentuk kerucut yang ditempatkan di Piala dan guci, yang itu lanjut dihiasi dengan bunga berwarna cerah dan buah. Bunga-bunga yang umumnya digunakan dalam pengaturan ini termasuk Aster, bunga bakung, cypress, anyelir dan pinus. Pita tersebut juga digunakan sebagai bagian dari pengaturan.

Konsep merangkai bunga belum tiba di Eropa sampai sekitar 1000 tahun. Sebelum saat ini, negara-negara Eropa terlibat dalam zaman kegelapan dan orang-orang memiliki sedikit ruang untuk kesenangan dalam kehidupan mereka sendiri. Ketika mereka datang dari masa ini gelap, namun, tanaman dan bunga mulai lebih sering digunakan untuk dekorasi. Ini secara khususnya benar di gereja-gereja dan biara-biara yang mana bunga dan tanaman yang digunakan untuk makanan juga untuk dekorasi. Sebagai tentara salib kembali dari Timur Tengah, mereka membawa tanaman yang baru dan menarik dengan mereka. Sebagai akibatnya, negara-negara Eropa tidak mampu mulai bereksperimen dengan tanaman yang sebelumnya tidak diketahui mereka.

Renaisans Italia membantu memberikan bunga mengatur percikan tambahan di negara Eropa. Itu selama era yang berbagai macam pengaturan gaya mulai berkembang. Pada saat abad kelima belas dan keenam belas berguling-guling, rangkaian bunga yang biasa dan berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat wadah untuk memegang bunga. Ini termasuk marmer, berat kaca Venesia dan perunggu.

Rangkaian bunga yang dibuat selama waktu ini memperkenalkan sebuah elemen baru - menggunakan buah-buahan tropis. Pengaturan ini juga berfokus pada menciptakan kontras dengan warna.

Toko bunga di Indonesia sudah ada dari jaman penjajahan belanda, dan di bawa oleh orang orang China yang datang ke indonesia dikarenakan bunga sudah menjadi bagian hidup dan kebudayaan masyarakat China seperti sarana buat sembahyang, dan sebagai pengganti ucapan untuk simpati dan kebahagiaan, pada jaman penjajahan belanda bunga juga di jadikan sebagai kado dan ucapan untuk none-none Belanda terutama yang berada di Batavia, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Pasar Bunga Rawabelong
Pasar Bunga Rawabelong


Di Indonesia kita mempunyai Pasar Bunga Rawa Belong merupakan pasar bunga terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Dulunya, sebelum kawasan ini menjadi pasar, banyak penduduk setempat yang bercocok tanam bunga anggrek. Daerahnya yang dekat dengan Kali Pesanggrahan, membuat kegiatan bercocok tanam bunga anggrek di sini berkembang pesat. Para petani anggrek pun mulai menjajakan hasil panen mereka di pinggir jalan di sekitar Jalan Rawa Belong.

Semakin hari, pedagang pun semakin bertambah karena pembeli bunga semakin banyak. Akibatnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun merelokasi para pedagang, namun karena banyak permintaan mereka akhirnya kembali ke jalan.

Untuk memulai atau berminat menjadikan produk kerajinan merangkai bunga ini sebagai bisnis utama atau sampingan ada beberapa tips dari kami antara lain.

  1. Belajar untuk mengenal berbagai ragam bunga dan tanaman bunga yang ada di indonesia dengan mendatangin pasar bunga terdekat yang ada di daerah anda.
  2. Cari tahu cara bagaimana cara merangkai bunga bisa mendatangi pengrajin atau sumber sumber yang kredibel untuk tahu proses terjadinya Rangkaian bunga.
  3. Menggunakan media online yang anda miliki seperti Instagram,Facebook atau Sosmed yang lain untuk menjual produk rangkaian bunga.
  4. Membuat website supaya anda memiliki toko online yang bisa dijadikan katalog yang ada tawarkan ke calon pelanggan anda.
  5. Mengajak toko bunga untuk berkerja sama jika anda mendapatkan pesanan supaya ada keuntungan yang anda dapatkan
  6. Anda bisa memasarkan produk ini secara lisan ke sodara, rekanan, sahabat, handai tolan supaya ketika mereka mencari dan mengetahui anda mempunyai usaha toko bunga.
Sekian..





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Best Congratulations Board 2016